Inilah Asal Usul Penyakit TBC

TBC adalah penyakit sebagai ancaman di semua dunia. 


Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang penyembuhannya tak dapat dikerjakan kurun waktu singkat. Penyakit ini nyatanya telah ada serta diketemukan mulai sejak 1. 700 th. waktu lalu. Deteksi awalannya datang dari Mycobacterium tuberculosis yakni adalah sisa-sisa bison yang tanggal. 

Tetapi, belum diketemukan bukti terang perihal asal usul penyakit TBC, apakah penyakit itu ditularkan dari sapi pada manusia atau penyakit warisan nenek moyang manusia. Kenyataan histori yang ada baru diketemukan bahwa bekas kerangka manusia prasejarah 4000 SM sudah terinfeksi TBC. Juga sudah diketemukan terjadinya pembusukan pada punggung mumi disebabkan TBC pada umur 3000 – 2400 SM. 

Seputar 460 SM dinyatakan bahwa penyakit paru-paru juga sebagai penyakit yang paling mewabah dengan tanda-tanda batuk darah serta demam. Penyakit ini nyaris senantiasa menyebabkan fatal. Lalu pada th. 100 Masehi, studi genetik tunjukkan TBC sudah ada di Amerika Serikat. 

Saat sebelum revolusi industri kadang-kadang TBC dikira juga sebagai vampir. Ketika ada anggota keluarga wafat lantaran TBC jadi dengan cara berangsur anggota keluarga lain bakal alami penurunan kesehatan. Mereka berasumsi bahwa peristiwa itu dikarenakan oleh pengidap TBC pertama. 

Dari TB Jadi TBC 
Dr. Richard Morton pada th. 1689 menyebutkan bahwa bentuk paru dihubungkan dengan TB (tuberkel) lantaran beragam gejalanya. TB tak diidentifikasi juga sebagai penyakit tunggal sampai th. 1820. Lantas pada th. 1839, Schonlein merubah nama TB jadi TBC. 

Dr. Robert Koch mengidentifikasi serta menuturkan basil pemicu TBC yakni mycobacterium tuberkulosis pada tanggal 24 Maret 1882. Ia terima penghargaan nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 23 th. lalu, tepatnya pada th. 1839. 

Obat Penyakit TB Pertama 
Dr. Koch juga menginformasikan bahwa obat untuk TB sudah diketemukan. Obat itu di ambil dari gliserin ekstrak basil tuberkulum adalah obat TB pada th. 1890 yang dimaksud tuberkulin. Namun obat itu kurang efisien, tetapi lalu diadaptasi juga sebagai tes untuk pre-gejala TB. 

Makin berkembangnya pengetahuan kedokteran serta tehnologi pada akhirnya diketemukan vaksin untuk menangani TBC yang di kembangkan oleh Albert Calmette serta Camille Guerin pada th. 1906. Vaksin itu dimaksud BCG (Bacillus Calmette Guerin) yang pertama kalinya dipakai pada manusia th. 1921 di Perancis. Pasca perang dunia ke-2, vaksin BCG terkenal di Amerika, Inggris serta Jerman. 

Korban Wafat Disebabkan TBC 
TBC adalah penyakit sebagai ancaman di semua dunia. Terdaftar ada seputar 1, 5 juta jiwa wafat disebabkan TBC. WHO juga mengemukakan dalam laporannya bahwa jumlah masalah baru TBC didunia pada th. 2010 sudah meraih 8, 8 juta dengan korban jiwa 1, 4 juta. 

Angka itu adalah penurunan jumlah pasien dibanding dengan th. 2009. Bersamaan gencarnya sosialisasi vaksin BCG pada balita yang dikerjakan oleh Pemerintah tiap-tiap negara jadi jumlah pasien TBC selalu alami penurunan. 
Share on Google Plus

About kakak idar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.